Rahasia Merawat dan Membuat Karangan Bunga Anggrek Bulan dari Karangan Bunga Nganjuk

Rahasia Merawat dan Membuat Karangan Bunga Anggrek Bulan dari Karangan Bunga Nganjuk

Mau tahu seputar cara membuat karangan bunga anggrek bulan? Mari cari tahu informasi tentang bunga anggrek bulan berikut ini ini ya.

Mengenal Bunga Anggrek Bulan

Bagaimanakah rupa anggrek bulan? Anggrek bulan adalah salah satu jenis bunga anggrek yang memiliki banyak varian warna. Bunga yang memiliki nama lain Phalaenopsis Amabilis ini merupakan bagian dari famili orchidaceae dan termasuk dalam subfamily epidendroideae. Bunga ini juga disebut sebagai puspa pesona. Bagian dari salah satu bunga nasional Indonesia.

Bunga anggrek bulan ditemukan pertama kali oleh Dr. C. L. Blume, seorang ahli botani yang berasal dari Belanda. Puspa Pesona ini tersebar luas di daerah Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Benua Australia. Tanaman ini memang bisa tumbuh subur di daerah tropis.

Bunga indah tersebut hidup secara epifit. Sedikit info mengenai epifit adalah suatu cara tanaman untuk bisa hidup dengan menempelkan dirinya di taman lain. Dengan demikian bunga ini hidup dengan menempelkan akarnya di batang atau ranting tanaman lain, seperti pohon mangga, pohon hati, pohon jambu, dan lainnya.

Tutorial Membuat Karangan Bunga Anggrek Bulan

Bunga ini memang memiliki pesona yang memikat perhatian. Maka tak heran jika bunga ini menjadi salah satu bunga nasional Indonesia. Selain itu, bunga ini juga sangat cocok untuk dibuat karangan bunga.

Buket bunga yang satu ini bisa dijadikan kado ulang tahun pernikahan, hantaran, kado untuk pasangan, festival, hiasan, dan lainya. Anda bisa membuat nya sendiri di rumah dengan memanfaatkan kertas kain flanel, ataupun plastik. Namun, bagaimanakah cara membuat karangan bunga anggrek bulan dengan kain flanel atau kertas. Yuk simak caranya ala dari Cikha Florist di bawah ini.

  • Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat karangan bunga anggrek bulan Anda membutuhkan beberapa bahan. Seperti bunga anggrek bulan, kertas atau kain flanel, gunting, perekat, pita, dan lainnya.

Jika Anda menggunakan bunga anggrek yang satu ini dan yang asli, maka pilihlah bunga anggrek bulan yang tepat dan bagus. Untuk memilih bunga anggrek yang bagus, maka pilihlah bunga anggrek yang masih segar dan ada bunga yang masih kuncup atau bunga yang belum mekar. Sehingga bunga tidak mudah layu dan kering.

  • Bersihkan Bunga Anggrek Bulannya

Sebelum dirangkai sebaiknya bersihkan dulu bunga anggreknya dengan menggunakan air atau santan. Lap juga pot bunganya sampai bersih dari kotoran. Jika sudah selesai lakukan langkah selanjutnya.

  • Membungkus Pot dan Menghiasnya

Membuat bunga anggrek bulan bisa dilakukan dengan membungkus plotnya menggunakan kain flanel, kertas, maupun plastik. Caranya, bentangkan kain flanel, kertas, atau plastik.

Lalu letakkan pot bunga agak menengah, sehingga terlihat bagian sisi kain flanel, kertas atau plastik tidak sama dan membentuk sejumlah sudut. Lipat bagian ujung ke arah pot. Lalu bentuklah sampai semua bagian pot tertutup dengan rapi. Tambahkan pernak-pernik dan lainnya, supaya terlihat lebih indah dan cantik. Jika sudah selesai, mari lanjut ke langkah selanjutnya.

  • Rangkai Bunga Anggrek Bulan

Setelah pot bunga anggarannya selesai dibungkus dan dihias. Maka, lanjut untuk merangkai bunganya. Caranya beri busa pada pot bunga. Lalu ditancapkan bunga pada busa yang ada di pot.

Rangkailah sesuka hati Anda sampai membentuk rangkaian bunga anggrek bulan yang indah. Jika sudah selesai beri pita pada pot bunga dan beri kartu ucapan yang istimewa. Buket bunga anggrek bulan pun siap untuk menjadi kado teristimewa.

6 Rahasia Karangan Bunga Anggrek Bulan Tetap Segar

Mendapatkan buket bunga memanglah hal sangat menggembirakan. Apalagi mendapatkan buket bunga anggrek bulan dari orang tersayang. Sebagai tanda kasih dan perhatian. Sungguh bahagianya tak dapat dibayangkan.

Namun, seringkali buket bunga anggrek bulan cepat kering dan layu. Membuat bunga anggrek bulan menjadi tak cantik lagi untuk dipajang di ruang tamu. Serasa membutuhkan solusi untuk itu. Maka dari itu, simaklah rahasia merawat rangkaian bunga anggrek bulan berikut ini.

  1. Simpan di Tempat yang Tepat

Seperti yang tertuang dalam bagian sebelumnya, bahwa anggrek bulan adalah jenis bunga anggrek bulan monopodial. Sejenis tanaman yang tidak terlalu suka terkena sinar matahari. Karena bunga anggrek bulan bisa cepat layu jika terkena panas.

Namun, bukan berarti Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Sebab suhu dingin juga bisa membuat bunga ini menjadi cepat layu. Maka dari itu, tempatkan saja di tempat bersuhu normal, tidak terlalu panas atau dingin.

  1. Jangan Menyemprotkan Air Secara Langsung

Menyemprotkan air pada buket bunga anggrek bulan asli memang boleh-boleh saja, tapi harus dilakukan dengan benar. Seperti tidak menyemprotkan secara langsung. Karena bisa membuatnya cepat layu dan kering.

  1. Manfaatkan Kapas

Merawat buket bunga anggrek bulan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kapas. Kapas bisa Anda gunakan untuk melapisi barang bunga. Setelah itu Anda bisa membungkusnya dengan plastik bersih.

  1. Perhatikan Setiap Bagian Bunganya

Memberi perhatian pada buket bunga anggrek bulan memang bisa menjadi salah satu cara merawat bunga. Maka dari itu, perhatikan daun, kelopak, barang, dan bagian lainnya untuk memastikan bunga tetap segar. Jika terdapat bagian yang sudah layu atau berubah warna, maka cepatlah potong bagian tersebut.

  1. Rutinlah Memotong Tangkainya

Memotong tangkai bunga secara rutin bisa menjadikan bunga anggrek bulan tidak cepat layu. Pemotongan tangkai ini hendak nya dilakukan setiap hari dengan panjang tangkai yang dipotong sebesar 1 cm. Karena buket bunga anggrek bulan asli tidak terlalu menyerap banyak air.

  1. Gunakan Air Vas

Air vas bisa dibuat dari larutan gula dan cuka. Air vas ini bisa mengajak bunga anggrek bulan tetap segar dan tidak mudah layu.

Cara tersebut dapat menjaga bunga anggrek bulan tetap segar kurang lebih selama satu minggu. Karena memang buket bunga anggrek bulan asli bukanlah hiasan yang bersifat permanen, namun hanya sementara saja.

Kesimpulan

Bunga anggrek bulan adalah sejenis bunga anggrek yang menjadi bunga nasional yang. Bunga ini memiliki ciri khas yang unik. Seperti warnanya yang bervariasi, rupanya yang cantik, memiliki mahkota bunga berwarna kuning, daun hijau memanjang, dan lainnya.

Bunga ini sangatlah cantik sehingga cocok untuk dijadikan karangan bunga. Anda dapat membuat buket bunga anggrek bulan tersebut dengan menyimak cara di bagian sebelumnya. Lebih lengkapnya Anda bisa menontonnya di YouTube.

Merawat buket bunga anggrek bulan asli bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya menempatkannya di tempat yang tepat, rajin memotong tangkainya, tidak menyemprotkan air secara langsung, dan sebagiannya.

buket bunga anggrek bulan memang bisa menjadi salah satu kado istimewa untuk orang yang istimewa pula. Jika Anda menginginkannya, Cikha Florist menyediakan berbagai banyak karangan bunga anggrek bulan. Kunjungi website untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *